KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan tuntunan-Nya saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
 Berbicara rencana usaha atau rencana bisnis, usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam berusaha seseorang harus melakukan setiap usahanya dengan tekun agar kegiatan usaha yang di jalankan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Rencana usaha berawal dari ide usaha, kemudian ide usaha tergantung dari kreativitas yang dimiliki oleh setiap orang, ide usaha juga timbul dari hobby dan minat setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang yang ingin menjalankan usahanya maka harus sesuai dengan minat dan bakat yang di miliki dalam diri sendiri.
Proposal ini membahas tentang usaha konveksi pakaian yang ingin saya jalankan. Pembuatan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu saya memohon saran dan  kritik yang membangun atas proposal ini. Akhir kata saya ucapkan terima kasih.




Banyuwangi, 21 Desember 2015



Agus Mohamad Aris
31.13.4598












1.PENDAHULUAN


1.2 latar belakang

 RIEZ COLLECTION,VERMAK,TAILOR ,KERAJINAN KULIT& KONVEKSI Adalah perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang jasa menjahit dan konveksi perusahaan kami berkembang dengan pesat yang di  jalankan oleh AGUS MOHAMAD ARIS
Perusahaan ini bergerak dibidang pembuatan pemesanan seragam sekolah,kantor,pabrik ,jas,almamater,celana,jeans,kaos,jaket,jaket kulit dan masih banyak lagi seragam yang telah kami produksi sendiri.
Jasa Konveksi yang dikerjakan antara lain pembuatan kaos, celana
formal, almamater,jas, Seragam sekolah,kantor,jaket kulit,celana jeans,jaket jeans, dll. Namun yang sering dikerjakan riez collection Tailor,vermak,kerajinan kulit & Konveksi ini adalah jas,celana,batik,almamater,seragam kerja, dan pembuatan kaos dari bahan katun combed.
Perencanaan mendatang,perusahaan kami berencana akan mengembangkan usaha dengan membeli  peralatan/mesin kaos dan tambahan mesin konveksi laimmya.
            Nilai kekeyaan perusahaan tanah,bangunan,peralatan kerja,dan  mesin produksi kurang lebih Rp 250.000.000,dengan rincian sebagai berikut.
1.      3 unit mesin jahit
2.      1 unit mesin obras
3.      1 unit mesin lubang kancing
4.      Dasar,dan bahan baku lainnya
5.      1 unit laptop dan
6.      2 unit smartphone merk asus dan BB
7.      1 unit komputer
8.      1 unit sepeda motor  Honda beatdan
9.      1 unit motor Honda astrea prima
10.  Tanah bangunan beserta isinya

Rencana kami dalam waktu dekat  ini ingin menambah beberapa mesin produksi agar kinerja perusahaan lebih maksimal dan optimal.
Prospek pengembangan usaha ini sangan menjanjikan mengingat pasar yang cukup besar dengan tren yang terus meningkat,sedangkan rencana pengembangan usaha.
a.       Strategi pemasaran
b.      Pengembanggan produk
c.       Pengembangan wilayah pemasaran
d.      Promosi
e.       Strategi penetapan harga
f.       Pengembangan produk dengan menambah kapasitas pemasaran produk
g.      Pemanfaatan teknologi informasi
h.      Melakukan inovasi produk




           
1.2 DATA PERUSAHAAN
Nama Perusahaan        : RIEZ COLLECTION
            Bidang Usaha                         : Konveksi,Vermak,Kerajinan Kulit & Tailor
            Jenis Produk                : Pakaian Jadi,Pesanan dan jual
            Alamat Perusahaan     : Jl Dieng No.10 Temuasri-Sempu-Banyuwangi
            No Tlp                         : 081 238 490 450/5A6D6E8F
            Mulai berdiri               :2013

1.3  BIODATA PEMILIK/PENGURUS
            Nama                           :AGUS MOHAMAD ARIS
            Jabatan                                    : Pimpinan
            Tempat Tanggal Lahir : BANYUWANGI 20 AGUSTUS 1991
            No Tlp                         : 081 238 490 450
            Pendidikan Terakhir    : calon sarjana


2. ANALISIS PASAR DAN PAMASARAN

     2.1 PRODUK JASA YANG DIHASILKAN
Jenis produk yang
1.      Seragam Sekolah
2.      Seragam Kantor
3.      Almamater
4.      Kaos
5.     Celana
6.     Celana cargo
7.     Celana cinoos
8.     Jeket jeans
9.     Celana jeans
10.                        Jaket kulit
11.                        Dompet kulit
12.                        Tas kulit
13.                        Sabuk kulit
14.                        Hem
15.                        Jas
16.                        Kemeja
17.                        batik,Dll

3.2  Keunggulan Produksi :
a.       Rapi
b.      Halus
c.       Berkualitas
d.      Bermutu
e.       Kualitas ekspor



2.2  GAMBAR PASAR


2.2.1data Nilai Penjualan 3 Tahun Terahir
1.      Tahun 2013 penjualan dan permintaan 30%
2.      Tahun 2014 penjualan dan permintaan 45%
3.      Tahun 2015 penjualan dan permintaan mencapai angka 75%
2.2.2 Kegiatan Pemasaran Dan Promosi Yang Telah Dilakukan
1.     Memberikan contoh baju
2.     Menyebar Brosur
3.     Mempromosikan ke ketempat umum
4.     Mempromosikan melalui internet, media sosial,foruM

       3.3             TARGET YANG DITUJU

1.      Pemesanan Segala Jenis Pakaian.Pria, Wanita dan anak-anak
2.      Pembuatan baju batik,celana,jas,jaket kulit yang secara besar dan grosir      
3.      Membuka gallery sendiri


3.4                        PERKEMBANGAN PASAR

Perkembangan usaha ini sangatlah besar dan menjanjikan diperkirakan minimal 40 Sekolah,Instansi Pemerintah dan Pabrik yang akan membuat seragam. Dalam surve kami di lapangan semakin banyak Kantor,Sekolah,Universitas,Instansi Pemerintah,pabrik,dan Perusahaan beraneka macam di daerah ini, maka semakin banyak pula permintaan produk di pasaran.






3.5                        STRATEGI PEMASARAN

3.5.1                  Pengembangan Produk

1.      Perubahan disain sesuai dengan perkembangan yang berlaku peningkatan bahan yang digunakan,jahitan yang bermutu dan berkwalitas,SDM Yang Profesional Dan Spesialis.
2.      Terus riset pasar
3.      Melakukan inovasi produk yang terbarukan
4.      Menciptakan produk yang berkualita tinggi
5.      Melakukan desain yang terbaru dan dibutuhkan oleh pasar


      


3.4.2 Pengembangan Wilayah Pemasaran

1.      Akan direncanakan  pemasaran di luar daerah.
2.      Mebuka cabang di lur daerah

  3.4.3kegiatan Promosi

1.      Produk sempel
2.      Diskon Khusus
3.      Jaminan Produk
4.      Brosur/Daftar Harga
5.      Selebaran
6.      Spanduk
7.      Iklan Internet
8.      baner

4. ANALLISIS PRODUK

4.1 PROSES PRODUKSI
PROSES PRODUKSI
BAHAN BAKU
TEKNOLOGI
MESIN
Memotong
Kain
Manual
Gunting
Mengobras
Kain
Otomatis
Mesin Obrs
Menjahit
Kain + Benang
Otomatis
Mesin Jahit
Memasang Kancing
Kancing
Otomatis
Mesin Lobang Kancing
           



4.2 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA
BAHAN BAKU
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
Kain
10 Pist/ROL@30 METER
BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
Kancing
25 Lusin
Ritsleting
6 Lusin
Benang
30Lusin
                  

5.  ANALISAS DAMPAK DAN RESIKO
5.1 Resiko Usaha
1.     Kenaikan upah tenaga kerja 10%
2.     Penurunan daya beli masarakat
3.     Kerusakan mesin dan peralatan
4.     Kenaikan bahan baku diatas 20%
5.     Keterbatasan SDM yang terdidik
5.2 Antisipasi Resiko Usaha
1.      Pembelian stock bahaan baku dan bahan penolong
2.      Membuat kontrak dengan tenaga kerja
3.      Memperluas saluran distribusi pemasaran
4.      Melakukan analisa secara berkala
5.      Melakukan survey pasar secara berkala










6.PENUTUP
Demikian proposal rencana bisnis saya buat dengan sebenar benarnya dan tanpa ada unsur kebohongan dan penipuan,sebelum,semoga usaha saya terus lancer… dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                           


            `                                                                                                           Hormat Saya


AGUS MOHAMAD ARIS